Objek wisata Thailand tidak hanya Phuket dan Phattaya saja yang cantik tapi wilayah kotanya pun juga memiliki pemandangan yang menarik. Salah satunya ialah wilayah kota di bagian Thailand Selatan.

trang

trang cnn

Thailand selatan merupakan sebuah kawasan Thailand yang berbatasan dengan Semenanjung Malaysia. Mayoritas penduduk Thailand selatan ini merupakan penduduk dari rumpun Melayu dan beragama Islam.

Di Thailand selatan ini Anda bisa menemukan tiga ikon wisata kota ini diantaranya , Trang, Songkhla, dan Hat Yai.

Trang adalah ibu kota provinsi di Thailand selatan ini berpopulasi kurang lebih 60.000 jiwa. Kota Trang merupakan sebuah kota yang menghubungkan Laos ke Singapura. Dikarenakan lokasinya yang strategis dengan dua negara tersebut, banyak backpacker menjadikan tempat ini sebagai spot transit.

Banyak yang bisa Anda lihat di kota Trang ini, salah satunya ialah seni arsitektur kota yang terpengaruh gaya arsitektur Tiongkok abad 19. Seni arsitektur hasil akulturasi budaya tersebut masih dapat dilihat hingga memasuki kota Phuket. Salah satu seni arsitektur menarik karena akulturasi budaya tersebut salah satunya jam menara di Jl. Rama VI.

Jam ini menjadi daya tarik utama yang paling ikonik di kota Trang. Tak jauh dari jam menara, Anda bisa menikmati kopi sambil melihat pemandangan kota dari kedai kopi lokal bernama Yue Chiang. Arsitektur bangunan Yue Chiang sudah berumur lebih dari 100 tahun lho! Kedai ini melayani kopi yang sangat nikmat. Aromanya yang kuat membantu Anda dalam menghangatkan suasana.  Selain kopi, kalau Anda tertarik untuk menikmati kuliner seperti pangsit, dim sum, dan lain-lain, Anda bisa mampir ke sudut Jalan Kantang Soi 4 dan Sathani Road.

songkhla

songkhla edition.cnn

Itulah Trang dengan jam menara sebagai ikon utama kota. Sementara Songkhla merupakan sebuah kota kuno yang berada di tepi laut. Ikon utama Songkhla adalah patung putri duyung. Pemandangan di sekeliling patung tersebut amat menarik karena berupa deretan gedung kuno kota Songkhla.

Menurut catatan sejarah, Songkhla didirikan oleh sekitar 1600 orang pedagang dari Persia. Pemukiman di Songkhla tumbuh dan berkembang dengan pesat selama satu abad. Yang menarik, kota ini pernah diduduki oleh Portugis, Belanda, Perancis, dan Tiongkok sebelum kesultanan Thailand mengusir mereka dan menyatakan kemerdekaannya.

Sisi timur Songkhla merupaka teluk Thailand yang memiliki pantai berpasir putih. Saat sore atau pagi hari, angin segar akan berhembus sepoi-sepoi membuat Anda nyaman berlama-lama duduk santai di tepi pantai. Namun disarankan agar Anda tidak berenang, karena arus ombak Teluk Thailand ini sangat kuat. Di Songkhla, Anda harus mengunjungi distrik Khao Tang Kuan yang masih dipenuhi dengan ruko-ruko tradisional peninggalan Tiongkok. Daerah tersebut  menjadi sentral bisnis dan restoran lokal. Ada juga museum nasional dan beberapa penjual kue udang yang sangat enak di Thailand selatan.

three-headed elephant

three-headed elephant edition.cnn

Terakhir adalah Hat Yai. Kota ini didominasi oleh penduduk rumpun Melayu dan Tiongkok. Oleh karena itu, saat berinteraksi dengan penduduk sekitar, jangan heran bila Anda sesekali mendengar penduduknya berkomunikasi menggunakan bahasa mandarin.

Hat Yai menjadi sebuah pusat komersial barang-barang di Thailand Selatan. Di Hat Yai sudah dibangun mal, pusat festival budaya, dan plaza untuk belanja. Di Hat Yai, Anda bisa dengan mudah menemukan pasar jalanan. Yang paling populer adalah pasar malam, kios-kios penjual tas, sepatu, pakaian dan souvenir. Untuk wisata kuliner, Anda juga takkan sulit menemukan makanan enak di Hat Yai. Ada beberapa makanan favorit di Hat Yai ini yang sering diburu oleh para backpacker. Makanan tersebut adalah ayam goreng dengan cuka pedas.

Nah, jadikan ketiga kota tersebut sebagai destinasi jalan-jalan saat liburan Anda.

Selama di Thailand, mampir juga ke Beach Maya Bay,  Thong Dee Restaurant & Bar, dan makanan lokal murah meriah di Sol Yotse

Hotel murah di Phuket, Thailand dan sekitarnya Thara Patong Beach Resort & Spa, Naiya Buree Resort at Nai Harn Beach, dan The Crystal Lake Phuket Hotel

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 9 September 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,