Courtesy of asiacity.com

Courtesy of asiacity.com

Pengunjung yang singgah di beberapa tempat makan yang tersebar di Bangkok pasti pernah melirik daftar anggur yang tertepa dalam buku menunya dan untuk menghindari kekecewaan maka pengunjung bisa mengikuti beberapa saran yang ditawarkan oleh para ahli berikut ini :

1. Frank Courvazier
Ia adalah Co-pendiri Sommelier Association Australia, WSET Diploma, anggota l’Ordre des Coteux de Champagne. Tips yang ditawarkan olehnya adalah :
a. Carilah harga anggur pertengahan yang sebelumnya pengunjung tak pernah mendengarnya. Anggur termurah mungkin tidak terlalu bagus. Namun terkadang anggur yang paling mahal juga tak sebaik yang pengunjung kira. Nilai terbaik untuk uang sering ada pada pertengahan harga anggur dengan nama lokal seperti lovely sommelier.
b. Tanyakan apa yang membedakan anggur dalam kisaran harga yang sama. Mungkin ada logika yang mendasari untuk daftar anggur, terutama jika tidak diatur oleh urutan sesuai harga. Mintalah pelayan untuk menjelaskan tentang bagaimana daftar ini disusun. Sebagai contoh, anggur dapat diurutkan dari rasanya yang kuat. Jika dua anggur hadir dengan harga yang sama, tanyakan bagaimana mereka bisa berbeda.
c. Jangan membeli sampanye dengan popularitas nama yang besar. Kebanyakan kebun-kebun anggur Champagne independen menjual hasil produksi mereka ke produsen besar lain seperti Mo√ęt dan Veuve Clicquot. Tetapi beberapa juga menjual botol anggur mereka sendiri, yang berarti harganya dijual 20 persen lebih murah untuk merek minuman yang sama.

2. Kim Wachtveitl
Ia merupakan pemilik Wine Garage, partner di Quince dan saran yang disampaikan olehnya dalam memilih anggur adalah :
a. Mulailah dengan restoran yang tepat.
Carilah pemilik tempat makan yang nyaman dengan pelayan yang siap menjelaskan apapun yang pengunjung tanyakan dan pastikan tempat ini tahu persis dengan produk anggur yang dijualnya. Juga, banyak restoran independen [yang terletak di luar hotel] memang profesional dalam pelayanan namun ada biaya tambahan untuk harga tiap botol anggurnya.
b. Mencoba varietas anggur asing.
Secara tradisional, rumah anggur menawarkan nilai terbaik, tetapi hal ini tidak selalu benar di Thailand karena pajak dan bea. Pada titik harga yang lebih rendah, pembuat anggur inovatif dapat membuat rasa fermentasi buah anggur yang belum pernah pengunjung dengar. Pengunjung juga bisa memperhitungkan daerah, vintage dan harga drai sajian yang menawarkan nilai terbaik.

3. Parani Chitrakorn,
Ia merupakan pemilik Wine Smart 101, anggota dari Guild Master Sommelier. Ia mengatakan bahwa cara memilih anggur adalah :
a. Carilah daftar yang mengkategorikan anggur oleh karakteristik. Pengkategorian anggur oleh negara, wilayah dan vintage bisa sangat membantu untuk masyarakat umum dalam memilih anggur yang mungkin datang dengan rasa terbaiknya.
b. Tanyakan pada sommelier, karena mereka tentu akan menyenangkan tamu mereka, dan orang-orang dengan perhatian ekstra terhadap detail layanan akan menghadirkan pilihan terbaik untuk memasangkan anggur dengan profil rasa dalam makanan yang pengunjung cicipi dan bukan mencoba memaksa pengunjung untuk membeli anggur yang lebih mahal.
c. Perhatikan daftar menunya, ada begitu banyak anggur yang baik dengan karakter yang pengunjung inginkan. Pengunjung harus memperluas eksplorasi anggur dengan mengabaikan harga yang paling mahal dan anggur termurah di daftar, karena mereka cenderung mengecewakan.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,