Courtesy of asia-city.com

Courtesy of asia-city.com

Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan yang baru berdiri di Bangkok, dibangun sejak august 2010 dan menampilkan banyak buku yang bisa pengunjung baca. Pembangunan perpustakaan ini dibangun sejak Narawan “Kyo” Pathomvat bertugas selama enam tahun di New York yang bekerja untuk lembaga-lembaga seni dan ia kembali ke tanah airnya lalu mendirikan sebuah perpustakaan sebagai saluran cintanya untuk beragam jenis buku yang pernah ia baca. Ia mendirikan bangunan yang ia beri nama The Reading Room, bangunan ini ternyata bukan hanya merupakan perpustakaan tapi juga rumah bagi beberapa pajangan seni kontemporer pusat non-profit yang menghiasi bagian – bagian dinding dari perpustakaannya. Bangunan ini berlokasi di 2 Silom Soi 19 Bangkok, Thailand yang sebelumnya pindah dari tempat lama di Charoen Krung. Selain perpustakaan yang menyimpan beragam jenis buku untuk dibaca tempat ini juga memiliki kegiatan rutin dari dengan menghadirkan sesion pembicaraan seputar film dan bekerjasama dengan Virus Film. Perpustakaan ini terletak di lantai atas sebuah ruko berlantai tiga, The Reading Room menghadirkan ruangan dengan getaran suram yang biasanya terkait dengan sebagian besar perpustakaan yang memang dibuat sepi sehingga pengunjungnya bisa berkonsentrasi selama membaca buku yang ia pegang.

Di dalam perpustakaannya memiliki beberapa rak buku dengan ruangan yang dihiasi pula dengan pot tanaman dan mebel antik milik nenek Kyo, dilihat dari tata letak kursi yang ada dalam ruangannya tempat ini pada dasarnya adalah salah satu ruang tamu yang nyaman. Di tempat ini pengunjung bisa menemukan banyak koleksi film langka yang didatangkan bulanan. Banyak pengunjung yang singgah di tempat ini untuk melihat seni enthu-siasts dengan duduk-duduk di meja yang tersedia, banyak pajangan karya seni yang bisa pengunjung temukan di rak buku. Perpustakaan yang bekerjasama dengan perusahaan film ini juga bekerja sama dengan Clip Kino, sebuah organisasi yang berbasis di Finlandia dan memiliki banyak kolekdsi klip video pendek dan dokumenter.

Rencananya pada bulan Januari atau Februari 2015 pengunjung akan melihat sries pembicaraan berfokus pada sastra dan filsafat. Namun tayangan film juga tetap bisa pengunjung temukan di perpustakaan ini, pengunjung bisa singgah dan membaca buku di perpustakaan ini mulai hari selasa hingga minggu yang terbuka sejak pukul 13.00 hingga pukul 19.00. Berlokasi di 2 Silom Soi 19 Bangkok, Thailand, The Reading Room memiliki 1.000 item buku juga beberapa keunikan seni kontemporer dan arsip. Arsip yang ada dalam perpustakaan ini yang berisi dua bagian sumber daya yang berbeda yaitu arsip seni kontemporer Thailand dan buku referensi seni dari seluruh dunia, termasuk sejarah seni & buku teori, monograf, katalog pameran, majalah seni, dan sumber daya elektronik.


Jam buka : Selasa – minggu :  13.00 – 19.00
Lokasi :  2 Silom Soi 19 Bangkok, Thailand
Telepon: 02-635-3674


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,