Sino-Portuguese Houses1

Rumah Tua Sino-Portuguese Houses bisa menjadi salah satu tempat yang harus pengunjung datangi ketika sedang berada di Phuket. Brejalan-jalan sambil menikmati bangunan  lama tentu akan sangat bermanfaat. Tidak hanya keindahan pada bangunan lama saja yang pengunjung bisa lihat tetapi pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah Thailand di masa lalu. Meskipun hanya berupa bangunan tetapi pengunjung tidak akan menemukan bangunan yang sama di tempat lain. Berjalan-jalan di Phuket , terutama di kota tuanya atau di sekiatr wilayah Thalang, Dibuk dan jalan Krabi akan membuat pengunjung seolah kembali ke masa lalu dan pesona bangunan dari abad lalu ini tidak akan bisa membuat pengunjung melupakannya. Tentu saja pengunjung bisa membayangkan berada di masa lalu sambil mengamati seluk beluk rumah yang tetap berdiri kokoh meskipun waktu telah bergulir sekian lama.
Menurut Pranee Sakulpitpatana, seorang dosen di Phuket Rajabhat University dan juga salah satu sejarawan,  ternyata arsitektur  yang ada pada bangunan tua meruapakan refleksi dari pengaruh Eropa di pulau itu. Dan pulau yang dimaksud di sini adalah Phuket. Tentu pengunjung tidak banyak yang mengetahui jika Phuket memiliki tambang timah. Dan Eropa, termasuk Portugal dan Inggris, telah tertarik pada kekayaan alam Phuket ini yaitu timah. Eropa tertarik sudah sejak lama yaitu sejak abad ke-16 dan  abad ke-18. Dan pada inilah Hokkien China menjadi pemain besar dalam membangun kota tua di Phuket. Itu sebabnya pengunjung akan menemui ada banyak sekali rumah atau bangunan tua yang mana memiliki arsitektur yang indah dan juga bangunan itu bekas peninggalan Eropa. Lalu pada awal abad ke-20, di bawah Gubernur Phraya Rassada Nupradit, perusahaan pertambangan utama miliki Eropa juga diundang untuk berperan dalam pembangunan sarana umum di kota tua seperti pembangunan jalan dan juga pembangunan kanal.
Dan tidak ada yang tahu kapan tepatnya bangunan pertama dengan gaya arsitektur Eropa dibangun yang pasti dari foto-foto lama pada pemerintahan Raja Rama V yang memerintah dari tahun 1853 sampai 1910 telah  menunjukkan bahwa keadaan kota tua pada masa  itu sudah bisa dibilang maju dan juga mengalami perkembangan yang pesat. Dari beberapa bangunnan yang paling menonjol adalah bangunan rumag bergaya Sino-Portugis dan rumah besar yang bergaya Sino-kolonial. Tentu saja dari melihat secara langsung bangunan yang ada sudah jelas bahwa itu merupakan bukti sejarah yang otentik dan juga tidak diragukan lagi. Tentu akan sangat baik memawa anak-anak yang masi sekolah atau mahasiswa untuk berjalan-jalan ke tempat ini, dengan begitu pengunjung bisa mengajak anak-anak untuk jalan-jalan santai sambil belajar sejarah.


Jam Buka : Setiap hari
Lokasi : Phuket


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,