Courtesy of phuket gazette.net

Courtesy of phuket gazette.net

Shark Protection merupakan salah satu program untuk mengenal hiu lebih dekat. Program ini memiliki basecamp di 68/14 Patak Road, Mu 2, Karon, 83100 Phuket, Thailand. Pengunjung tentu sudah tidak asing lagi dengan hiu. Bahkan sebagian besar orang juga tidak menyadari jika ada 360 spesies hiu yang menghuni lautan di dunia, dan juga ada yang jinak, ukuran kecil dan juga besar. Memang bukan hal yang mudah untuk bersikap pura-pura tidak takut ketika melihat hiu. Karena sebagian besar hiu selalu digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan. Tetapi di sisi lain, hiu juga terus diburu dan hampir punah. Setiap tahunnya manusi memburu sekitar 50 sampai 100 juta hiu per tahunnya. Dan juga sebagian besar hiu ini dibunuh untuk diambil siripnya. Dan dalam 30 tahun terahkir ini, spesies hiu turun sampai 70 %. Hiu diburu untuk diambil siripnya, sirip hiu dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Hanya saja yang sangat disayangkan, sirip hiu yang diambil dari hiu yang masih hidup. Lalu hiu dibiarkan kembali ke lautan tanpa siripnya. Tentu saja hal ini sangat menyedihkan.
Para pemburu hiu ini memang sengaja tidak mau membawa hiu yang sudah ditangkap siripnya karena terlalu berat. Dan sebagian besar hiu yang diambil siripnya ini akan mati dan menjadi bangkai dilautan yang mana akan menjadi limbah.

Dan masalah tidak hanya berhenti sampai di sini saja karena dampak dari bangkai hiu ini tidak baik untuk terumbu karang. Karena hiu berada di puncak rantai makanan terumbu karang , maka keberadaan hiu akan sangat penting untuk kelangsungan hidup terumbu karang. Seperti yang pengunjung ketahui bahwa terumbu karang sangat berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem lautan. Mungkin pengunjung berpikir hiu tidak penting, tetapi terumbu karang memerlukan hiu. Dan seperti yang pengunjung ketahui bahwa terumbu karang memiliki peranan penting dalam ekosistem laut.

Terumbu karang membantu menghentikan erosi, meningkatkan kualitas air dan sebagai tempat tinggal ikan dan juga tempat pembibitan ikan. Untuk itu program Shark Protection, memang sangat penting untuk mendapat perhatian. Tentu saja bukan hal yang lucu ketika harus memburu sirip hiu hanya untuk dimasak menjadi sup. Dan dari sektor wisata, hiu hidup sangat penting keberadaannya di Phuket. Jika nelayan menangkap hiu lalu menjualnya maka keuntungan yang didapatkan hanya beberapa baht. Berbeda lagi, ketika hiu tetap hidup maka para pengunjung atau para wisatawan bisa diajak untuk melihat hiu dengan perahu wisata. Dan tentu saja dari sini keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. Jika memang pengunjung termasuk penggemar sup sirip hiu maka sebaiknya pengunjung segera berhenti. Itu yang bisa pengunjung lakukan sebagai bentuk mendukung program untuk melindungi hiu.


Lokasi : 68/14 Patak Road, Mu 2, Karon, 83100 Phuket, Thailand
Telpon: 66-76/330-967 Fax: 66-76/330-990
E-mail: dive@siamdivers.com


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,