Courtesy of bangkok.com

Courtesy of bangkok.com

Phuket merupakan pulau besar yang mengesabkan namun pengunjung juga bisa menemukan beberapa pulau kecil lain yang tak kalah menarik dari keindahan pulau ini, salah satunya adalah Koh Sirey yang terletak di sisi timur dari Kota Phuket yang kadang terasa lebih seperti tanjung kecil dari pada sebuah pulau karena ukurannya yang tak begitu luas . Kawasannya merupakan tanah yang memiliki luas hanya sekitar 20sqkm , dan kebanyakan jalanan di Koh Sirey merupakan jalanan yang menyenangkan dan bebas dari konstruksi dan pengemudi di sepanjang jalan pesisir yang juga terletak di sebelah Timur dengan perkebunan karet. Pengunjung akan menikmati kenyamanan yang sempurna tanpa adanya hiruk pukik kendaraan bahkan tak banyak penduduk yang tinggal di kawasan ini dan pengunjng benar-benar seperti berada di Phuket 20 tahun yang lalu . Sepanjang pantai ini pengunjng akan menemukan pertanian abalone dengan beberapa restaurant yang nyaman dan jika pengunjung berada di pantainya pengunjung bisa melihat pantai timur pulau Phuket dan Sapam Bay . Koh Sirey juga merupakan rumah bagi Sea Gypsies dan Buddha Gold yang merupakan taman rekreasi kecil yang letaknya dekat rawa bakau dihubungkan dengan jembatan utama dimana penduduk setempat memberi makan monyet liar setiap malam .

Buddha Gold yang terletak di Koh Sirey terletak di sepanjang jalan dengan beberapa tempat untuk menepi dan berjalan-jalan menuju pantai namun sayangnya kawasan ini tak terkenal sebagai lokasi tujuan wisata , pantai di pulau ini agak berantakan  dengan pasir kasar tapi secara keseluruhan kawasan ini tetap mempertahankan pesona pedesaan yang damai. Sebuah jembatan merupakan jalan darat untuk menembus pulau Koh Sirey jika pengunjung berjalan – jalan di pulau ini di gerbang utama pulaunya maka pengunjung akan menemukan gerbang hias di sisi kanan jalan yang mengarah ke sebuah biara . Ikuti jalan ini kemudian mengambil jalan ke arah bukit dan pengunjung akan menemukan Wat Sirey , sebuah kuil Buddha yang tidak biasa, dikelilingi oleh bangunan yang tampak seperti kamar petinggi dengan perumahan emas bergambar Buddha.

Pengunjung juga akan menemukan koloni Moken Sea Gypsies di Laem Tukkae di Koh Sirey . Kawasan ini juga dikenal secara lokal sebagai ‘ Chao Ley ‘ kumpulan orang laut yang juga dikatakan sebegai penduduk pertama dari wilayah pesisir Andaman, Thailand, Myanmar dan Malaysia dan merupakan penduduk asli Phuket . Sea Gypsies Koh Sirey juga merupakan kumpulan orang yang mempertahankan bahasa dan budaya mereka sendiri yang khas dan agama animisme . Penduduknya ramah dan layak ditandatangani, pengunjung juga akan menemukan sebuah restaurant seafood terbuka di kawasan yang sebagian besar orangnya tinggal nomaden dan sederhana ini dan semua orang Sea Gypsies mengerti bahasa Thailand .


Jam buka: Sepanjang tahun
Lokasi : di timur dari Kota Phuket . Untuk sampai ke sana pengunjung harus melewati daerah pelabuhan Phuket dan dibutuhkan hanya 15 menit berkendara dengan mobil dari pusat kota .


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,