Courtesy of bangkok.com

Thai Film Museum merupakan sebuah gedung sejarah yang berperan penting dalam masalah perkembangan dunia kefilman di negeri gajah putih ini. Dan museum ini dibuat pada tahun 1984 oleh sejarawan dan mantan kepala arsiparis Dome Sukwong yang dulunya bernama  ‘Thai Film Archive’ namun akhirnya berubah nama menjadi ‘Thai Film Museum’ pada tahun 1990 dan pindah ke Salaya di Nakhon Pathom dekat Bangkok. Film – film kontemporer maupun modern masih diputar setiap hari di dalam Salaya Teater dan bahkan beberapa bintang film terkenal kadang-kadang mengunjungi dan meninggalkan tanda tangan di trotoar beton yang mengelilingi museum, seperti di Hollywood. Sehingga lokasi ini bukanlah gedung tua usang yang telah dilupakan namun ternyata masih memiliki eksistensi yang tinggi untuk dikunjungi. Lokasi bersejarah ini selalu masuk dalam daftar lokasi menarik dalam perjalanan mengelilingi atraksi kota, dan hanya terletak sekitar 50 kilometer dari Bangkok. Walaupun terkadang mengunjungi museum bukanlah hal menyennagkan namun dengan sendirinya museum tidak akan bernilai perjalanan jika tak dikujungi, tapi dikombinasikan dengan poin yang menarik seperti tour yang didampingi seorang gi=uide selalu menjadikannya penemuan yang menyenangkan. Sebuah museum film di Thailand ini memiliki beragam koleksi peninggalan seperti layar putih yang pertama kali digunakan, persis seperti layar tancap.

Memiliki warna mencolok yang mudah untuk di kenali, ketika tiba di depan gedung kuning pengunjung bahkan mungkin bertanya-tanya apakah museum terbuka karena tidak ada terlihat grand pintu masuk hanya dua pintu tertutup kecil namun jangan meninggalkannya begitu saja cobalah untuk membuka pintu museum dan melihat beragam hal menarik di dalmnya. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba berjalan di belakang museum di mana pengunjung akan menemukan kedai kopi yang berfungsi sebagai bioskop yang nyata dan staf yang ramah juga menyenagkan.  Staf muda yang cukup rupawan akan mengajak pengunjung berkeliling dalam bioskop kecil yang ada berbagi pengetahuan tentang awal mula lokasi wisata ini berubah menjadi museum.

Museum ini dibagi menjadi beberapa ruangan yang dikemas dengan semua jenis peralatan film, mulai dari penembakan, montase, dua kali lipat, ruangan cara membuat film kartun, ticketing dan proyeksi dari film itu sendiri. Suatu ruangan unik menampilkan alat peraga menyenangkan yang digunakan dalam film klasik populer hantu bersama dengan poster klasik, piala dan penghargaan yang didapatkan museum ini dikumpulkan sepanjang tahun pada masa – masa silam saat berjaya dan dikunjungi banyak orang. Terdapat pula sebuah kamar yang merupakan replika dari sebuah studio shooting tua dengan area panggung di satu sisi dan seorang direktur dengan derek kamera di sisi lain. Di belakang adalah studio montase menampilkan koleksi besar alat – alat berat dan bahkan sebuah studio kartun. Pengunjung juga bisa memasuki bioskop kecil dengan bangku-bangku tua kayu, di bagian belakang bioskop ada ruang proyeksi dilengkapi dengan sebuah anekdot menarik di masa lalu.


Lokasi : Nakhon Pathom Bangkok


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,