Courtesy of bangkok.com

Sebuah lokasi wisata menakjubkan berupa bangunan indah dengan segala kelengkapan properti ruangannya dapat pengunjung temukan di negeri gajah ini , Thailand. Terletak 60 km sebelah utara dari Bangkok dan memiliki jalur lokasi yang mudah dicapai dari Ayutthaya terdapat sebuah gedung berwarna – warni yang terkenal dengan nama Bang Pa-In Royal Palace. Bangunan ini merupakan properti sejarah yang masih diabadikan dan berdiri kokoh hingga kini dan dulunya merupakan kompleks istana yang pernah digunakan sebagai tempat tinggal jika musim panas tiba beberapa raja – raja Siam dan beberapa selir mereka. Lokasi wisata ini juga disebut ‘Bang Pa In Summer Palace’, terdiri dari beberapa bangunan ikonik yang terpisah – pisah yang dikelilingi oleh taman yang cukup luas. Karena kompleks istana ini memiliki luas lebih dari dua hektar maka menyewa kereta listrik adalah cara yang baik untuk mendapatkan pemandangan indah disekitar bangunan – bangunannya dan pengunjungpun tak akan merasa terlalu lelah jika harus dibandingkan dengan berjalan kakai mengitari seluruh kawasan istana kuno ini.

Sekilas sejarah tentang kompleks bangunan istana ini, pada awalnya dibuat oleh Raja Prasat Thong pada tahun 1632, dan tidak diketahui apakah ketika pembangunan istana ini telah terjadi peperangan antara Thailand dengan Burma atau belum karena dari sejarah disebutkan bahwa mulai abad ke-16 terjadi saling serang antara kedua negara tersebut. Namun pada tahun1807, ketika itu seorang penyair terbaik dari kerajaan di belahan negeri thailand utara yaitu  Sunthon Phu melewati kawasan istana ini ia telah melihat bahwa kerajaaan sudah ditinggalkan penghuninya dan tak terawat agi sehingga banayak ditumbuhi tanaman – tanaman yang merambat sehingga terlihat sunyi dan suram ternyata setelah diselidiki tepat pada tahun 1767, kompleks Istana Bang Pa-In telah diserang oleh Burma dan akhirnya dibiarkan terbengkalai untuk waktu yang lama. Hingga akhirnya Raja Mongkut (Rama IV), yang memerintah di masa tahun 1851-1868, memulai kebangkitan istana dan memperbaiki bangunan yang agak rusak atau retak akibat serangan. Hingga akhirnya peningalan kerajaan ini diperbaiki oleh penerusnya Raja Chulalongkorn (Rama V), yang juga memperluas beberapa daerah ke kebun Versaillesque megah antara tahun 1874 dan 1899 lengkap dengan fitur arsitektur bergaya Eropa.

Pemandangan indah yang akan pengunjung dapatkan adalah beberapa ruangan istana bergaya Cina dan ruangan khusus ketika rajanya dulu bertahta di atas kursi megah dan sebagian besar ruangannya dihiasi tulisan kanji bertinta emas dengan dinding dan konstruksi berwarna merah seluruh perabotan berbahan kayu ebony yang berat juga emas, perak dan porselen dengan ukiran halus masih tetap terletak pada tempatnya sesuai dengan keadaan di masa kerajaan ini dulunya pernah aktif digunakan. Hal menarik lainnya yang dapat pengunjung temukan ditempat ini adalah sebuah menara yang digunakan oleh pihak kerajaan sebagai sebuah observatorium untuk melihat langit. Ada pula paviliun mengambang yang berada di tengah – tengah kolam, sungguh indah dan menakjubkan.


Jam buka: setiap hari, 08.30-16.30
Tel: 035-260144
Tiket Masuk: 100 baht


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,