Courtesy of bangkok.com

Museum merupakan salah satu tempat terbaik yang bisa dikunjungi saat senggang dan di kawasan Nakhorn Pathom Bangkok ada sebuah museum yang berbeda dari museum lainnya. Rumah bersejarah ini mengabadikan beragam mobil – mobil tua yang dulunya merupakan produk – produk terkenal dan pernah digunakan. Museum ini terkenal dengan nama Jesada Technik Museum yang menyimpan hingga ratusan koleksi pribadi mobil langka baik mobil pribadi maupun beberapa angkuta umum juga sepeda motor dengan beragam model dan keunikannya. Lokasi museum ini berada di sebuah kota kecil yang berjarak sekitar lima puluh kilometer jauhnya dari Bangkok. Sekilas sejarah tentang rumah bagi kendaraan masa lalu ini yaitu, museum ini dibuat oleh seorang pengusaha Thailand yang sukses bernama Jesada Deshsakulrith. Ia sangat semangat untuk mengumpulkan beragam jenis kendaraan umum maupun pribadi dan mengoleksinya sebagai pajangan. Dan hingga kini karena semangatnya juga dibantu dengan jutaan harta warisan yang dimilikinya ia mampu mengumpulkan lebih dari 500 kendaraan, yang sebagian besar dari koleksinya masih dalam kondisi sempurna. Dia baru memulai untuk mengumpulkan koleksinya sejak belasan tahun silam tepatnya tahun 1997 dan akhirnya rumah mobil antik juga mobil tua ini dibuka untuk umum pada tahun 2007.

Menurut kasat mata pengunjung mungkin mobil – mobil yang dipajang bukanlah mobil dengan harga selangit juga terkenal karena pernah mencetak sejarah tidak ada mobil balap, Rolls Royce atau Jaguar dan museum ini hanya merupakan rumah bagi puluhan mobil yang sengaja dikoleksi oleh pemiliknya. Walaupun bukan mobil terbaik yang mahal namun bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli hingga lebih dari 500 buah mobil. Pemandangan dalam museum itak akan terkesan membosankan walaupun sekelilingnya hanya dipenuhi dengan mobil namun dengan melihat bentuk – bentuk unik dari mobil ini maka para pengunjung yang telah berusia lanjut akan merasakan nostalgia bersama kenangannya dan pengunjung lainnya pun akan tertawa atau terkesan melihat bentuk – bentuk lucu dari mobil di masa lalu.

Saat pertama kali memasuki museum pengunjung akan disambut oleh mobil bercorak garis – garis kecil Messerschmitt KR-200 dan BMW Isettas  kedua mobil ini merupakan mobil kuno yang pernah digunakan di italia dan mudah dikenali dengan tiga roda mereka serta bentuknya yang lucu bulat panjang seperti telur dengan akses pintu depan. Beragam pajangan yang ditampilkan berada dalam kondisi baik, pengunjung akan merasa seperti memasuki toko mobil layaknya showroom atau toko mainan untuk anak laki-laki dewasa. Setiap mobil yang diparkir berdampingan satu sama lain tak memiliki urutan tertentu baik dari jenis mereka, usia dan asal. Terkesan seperti sebuah garasi yang sangat luas, ada pula sepeda motor aneh juga Vespa. Tak hanya itu di museum ini pengunjung bisa melihat beberapa mobil nenek moyang yang juga beroda tiga dan hanya beroprasi di Thailand seperti DKW Framo, Tempohanseat, Lambretta, Reliant, Solyto, Bajaj dan Daihatsu.


Jam buka: selasa – minggu 09:00-17:00 (Senin tutup)
Lokasi: 100 Moo 2 Ngio Rai, Nakorn Chaisri, Nakorn Pathom 73120
Tiket Masuk: Gratis


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,