Courtesy of bangkokdaytours.com

Thailand, negara yang terkenal dengan gajahnya ini merupakan wilayah hijau yang subur karena berada tak jauh dari lintasan garis katulistiwa jadi tak salah jika sebagian besar areanya memiliki hutan hujan tropis dengan luas ratusan hektar. Begitu pula dengan The Khao Yai National Park merupakan hutan konservasi terbesar di negara ini dan menjadi situs warisan dunia yang ramai dikunjungi pendatang lokal maupun mancanegara setiap tahunnya. Hutan lebat ini dijaga ketat oleh ratusan polisi hutan sehingga tetap terjaga dari kerusakan akibat perbuatan tangan – tangan jahil yang ingin mengusik ketenangan biota hutan. Kawasan ini meliputi ratusan ribu puhon tua yang tinggi dan berdaun lebat yang menjadi tempat tinggal bagi ekosistem asli hutan ini, ada pula sungai dengan aliran airnya yang tenang nan bersih menjadi lokasi nyaman bagi ikan dan hewan asli sungai untuk berkembang biak dan air terjun yang selalu menawarkan keindahan alaminya. Lanskap mengagumkan yang kaya dengan jutaan flora dan faunanya membuat hutan hujan ini menjadi surga bagi satwa liar, termasuk gajah, harimau, siamang dan rusa serta lebih dari 300 spesies burung.

Hutan cemara tropis yang lembab juga memenuhi daerah pusat Khao Yai National Park. Keragaman tanamannya mencapai sekitar 2.000 spesies yang selalu mencengangkan bagi para pendatang baru. Pohon yang menjulang tinggi terbungkus lumut hijau, puluhan tanaman epifit, sulur – sullur rotan berduri, pakis halus serta warna-warni lumut dan jamur yang berada di atas kayu – kayu lapuk akan meminta perhatian lebih dari pengunung. Hutan ini sangat luas dan terdiri dari lima jenis vegetasi utama yaitu Evergreen Forest, area ini meliputi lereng yang lebih rendah dari Khao Yai, pengujung dapat menemukan beberapa jenis tumbuhan penting dipterocarp dan hopia serta bambu. Area hutan lainnya adalah Deciduous Forest dengan spesies tumbuhan hutan gugur termasuk Afzelia, Xylia dan Bungur. Tak hanya itu ada pula Evergreen Forest Tropical Moist yang mencakup sekitar 70% bagian dari seluruh luas hutan ini, termasuk daerah pusat. Dipterocarp merupakan spesies penting  yang mudah untuk ditemukan.

Terdapat pula perbukitan Hill Evergreen di tempat ini pengunjung dapat dengan mudah melihat pohon-pohon yang lebih kecil seperti pakis, lumut dan epifit juga lithocarps dan catanopsis adalah satu di antara spesies penting yang ditemukan di sini. Dan yang terakhir adalah Grasslands, daerah ini merupakan habitat yang unik, dan memberikan daerah yang kaya dengan rumput hijau yang menjadi makanan bagi beragam herbivora hutan ini dan memberikan merumput sepanjang tahun untuk rusa maupun gajah. Hutan Khao Yai ini yang penuh dengan kehidupan liar dan burung. Pengunjung akan terkesan melihat puluhan monyet bergelantungan dipohon atau mencoba tour menaiki gajah dan berkeliling dilintasan yang disediakan.


Jam buka : 7:00-18:00
Lokasi: Khao Yai National Park


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,