Salah satu dari sekian banyak festival di Thailand yang paling digemari adalah Songkran Festival. Perayaan ini direncanakan akan berlangsung sejak tanggal 13 April hingga 15 April 2012. Jika Anda berada di Thailand pada saat itu, Anda bisa memilih untuk berdiam diri di hotel atau memasuki hiruk pikuk keramaian perang air yang sangat meriah. Karena meriahnya, bahkan Songkran Festival juga diadakan di beberapa negeri tetangga seperti Laos, Birma, dan Kamboja.

Songkran berasal dari bahasa sansekerta, yang berarti matahari dalam zodiak. Jika perayaan ini berlangsung, berarti menunjukkan Tahun Baru Thailand telah tiba. Perayaan ini selalu diselenggarakan selama 3 hari. Hari pertama adalah ‘Mahasongkran’ yang jatuh pada 13 April menandakan berakhirnya tahun. Kemudian tanggal 14 April merupakan Wan Nao (menjelang pergantian tahun), dan tanggal 15 April yang biasa disebut Wan Thaloeng Sok merupakan masuknya Tahun Baru.

Pada saat Songkran Festival 2012, masyarakat akan berbondong-bondong menyemprotkan air dengan pistol air, balon air, dan segala cipratan air dari segala arah. Simbol dari air ini merupakan perwujudan pembersihan jiwa, pikiran, dan tubuh. Tujuannya adalah untuk menghindarkan dari nasib buruk. Menariknya, perayaan ini selalu berlangsung saat cuaca sedang panas-panasnya di Thailand, sehingga siraman air merupakan penyegaran.

Bukan hanya warga lokal yang menikmati festival ini di seantero Thailand, namun wisatawan asing juga menikmatinya. Di kuil-kuil diadakan ritual yang lebih religius seperti penyiraman patung Budha sebagai bentuk penghormatan. Di beberapa jalanan akan ada pawai berlangsung dimana akan ada gajah yang membantu menyemprotkan air ke seluruh penjuru yang bisa terjangkau. Jika ingin menikmati sensasi meriahnya festival Songkran, maka Anda hanya perlu datang ke Thailand dan itu adalah hal ang mudah mengingat Bangkok dan Phuket telah memiliki bandara internasional dengan akses dari seluruh penjuru dunia.

Tanggal : 13-15 April 2012
Lokasi : Seluruh Thailand (terutama jalanan besar)


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , ,