Courtesy of www.phuket.com

Seperti Indonesia, Thailand juga memiliki batik. Biasanya corak dan warna batik negeri gajah putih ini terkesan cerah dan berwarna-warni. Inspirasinya ada yang mengambil motif hewani dan nabati. Memang batik berasal dari Indonesia, namun akhirnya banyak menginspirasi negara-negara lain untuk membuat bati khas negeri sendiri.

Untuk di Phuket, belajar batik bisa dilakukan di Baan Batik, tepatnya di Viset Road, dua meter dari area bundaran Chalong. Lokasi ini buka setiap senin hingga sabtu pukul 09:00 – 18:00, dan tutup pada hari minggu.

Terdapat beberapa teknik dalam melukis batik. Secara umum proses pembuatan batik melalui 3 tahapan yaitu pewarnaan, pemberian bahan lilin pada kain dan pelepasan lilin dari kain. Motif yang paling mudah dan umumnya diajarkan pada mereka yang beru pertama kali mencoba adalah motif bunga.

Apinan Tovankasame, yang mendirikan Baan Batik, telah lama memiliki kecintaan terhadap seni yang satu ini. Beliau aslinya adalah orang asli Bangkok, dan akhirnya pindah ke Phuket karena mengajarkan seni melukis batik pada warga lokal dan wisatawan yang ingin mencoba.

Jam Buka: Baan Batik buka mulai 09:00 – 18:00, Tutup pada hari Minggu.
Lokasi: Baan Batik berada di Viset Road, dua meter dari area bundaran Chalong
Tel: +66 (0) 76 384 061


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,