Spirit Houses ini bisa banyak ditemukan di Thailand. Baik di halaman rumah, taman, kantor, gedung sekolah, bahkan gedung perkantoran yang tinggi. Biasanya, rumah kecil ini terletak di sudut ruangan atau pelataran, dan membuat pemiliknya harus merawatnya dengan baik. Spirit house yang biasa disebut dengan istilah ‘Wai’ ini, didekorasi dengan sangat bagus nan indah, biasanya bergantung selera Sang Pemilik.

Pada dasarnya, hampir 97% warga Thailand beragama Budha. Namun, mereka kebanyakan tidak berpijak pada ajaran Budha, melainkan lebih percaya pada ajaran Animisme dan Hinduisme. Karena banyak warga Thailand memiliki ketaatan religi yang tinggi, banyak warga percaya akan adanya arwah lokal, penunggu pohon, dewa, hantu, dan naga. Bahkan banyak yang mempercayai dewa-dewa yang dipercaya oleh agama Hindu.

Biasanya, ketika ingin membangun spirit house, pemilik rumah akan menyediakan rumah-rumahan kecil di salah satu sisi ruangan atau pelataran. Arsitektur rumah mini itu kebanyakan kental dengan budaya Thailand, dan pastinya disesuaikan dengan preferensi Sang Pemilik Rumah. Di dalamnya, akan diletakkan berbagai patung yang dianggap mampu mempresentasikan arwah tersebut. Biasanya, patung-patung kecil ini berbentuk makhluk mitologi kepercayaan bangsa Thailand.  Patung-patung kecil itu dianggap sebagai unsur penting yang harus ada dalam setiap rumah arwah. Rumah arwah kecil itu harus dibuat senyaman mungkin, agar arwah bertah tinggal dan menjaga pemilik rumah. Jika seluruh peralatan sudah siap, biasanya mereka akan menyewa jasa  penangkap hantu, untuk membantu menangkap arwah dan diletakkan dalam botol kecil. Setelah itu, botol dibawa ke dalam rumah arwah, dan arwah itu kemudian dilepaskan di tempat tersebut.

Ketika telah memiliki rumah arwah, para pemilik harus mampu menjaga dan merawatnya dengan baik. Setiap hari, mereka harus memberikan sesajian berupa bunga atau makanan kecil bagi Sang Penunggu Rumah Arwah. Jika rumah arwah ditinggalka atau dibiarkan dalam keadaan tidak terawat, maka biasanya orang-orang yakin bahwa si pemilik akan ditimpa musibah. Seperti kejadian terkenal yang pernah terjadi di Erawan Shrine.

Jenis-Jenis Spirit Houses (Rumah Arwah)


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,