Di Bangkok, terdapat empat jenis rumah arwah, dan yang paling biasa digunakan adalah ‘San Jao Tii’ dan ‘San Pra Phoom’, karena keduanya biasa diletakkan bersebelahan sebagai satu pasang. Kebanyakan, dibuat dari kayu dan berbentuk seperti rumah Thailand tradisional, atau dibentuk menyerupai kuil. Namun, banyak juga yang dibuat dari beton dan bebatuan dengan teknologi mutakhir. Bahkan ada juga yang bahannya dibawa langsung dari China. Pilihan warna biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Kebanyakan menggunakan warna emas dan merah untuk keberuntungan.Dan di dalamnya terdapat bunga, lilin, serta hadiah untuk penunggu.

 

1. San Jao Tii

 

Biasanya jenis rumah arwah ini terbuat dari kayu, dan memiliki emat pilar. Rumah arwah ini kental dengan unsur mistis dan lebih bermakna material. Didominasi dengan kepercayaan animisme, membuat sang pemilik biasanya meletakkan patung pria atau wanita di dalamya. Tidak hanya itu, biasanya mereka juga meletakkan bidadari, penari, kuda, dan gajah untuk menghibur mereka. Setiap harinya, sang pemilik harus menyajikan benda-benda hasil panen, benda kuil, buah-buahan atau bunga-bunga, dan hal-hal lain.

 

2. San Pra Phoom

 

Dikenal sebagai malaikat penjaga, rumah arwah ini berhiaskan stupa bergaya Khmer. Kental dengan unsur Budha Thailand, jenis rumah arwah ini dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kayu, batu, dan kaca. Pembuatannya pun bisa dengan cara tradisional hingga cara terkini. Berasal dari arwah San Jao Tii, ketika Hindu dan Budha mempengaruhi Siam pada awal abad ke-1. Satu pilarnya mempresentasikan Gunung Meru, yaitu gunung suci kepercayaan warga Thailand. Figur-figur kecil yang berada dalam rumah arwah ini biasanya memang dipilih sebagai figur yang mampu menjadi malaikat penjaga. Salah satunya adalah Phra Chai Mongkon. Patung ini biasanya memegang pedang di satu tangannya, dan menggenggam uang di tangan lain. Dipercaya mampu menjaga properti dan aset Sang Pemilik Rumah.

 

3. San Phra Brahm

Rumah arwah semacam ini biasa ditemukan di gedung besar dan lahan yang luas. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah Erawan Shrine. Kebanyakan orang datang kesini untuk meminta bantuan dalam menjalankan hidupnya dan membebaskannya dari beragam kesulitan. Biasanya, patung disini berwajah empat sisi agar pendoa bisa memohon permintaan dari berbagai arah. Rumah arwah jenis ini biasa dikenal akan kebaikan, permohonan maaf, dan simpati.

 

 

4. San Piyanda

Courtesy of www.squidoo.com

 

Rumah arwah jenis ini biasanya dibangun secara temporer. Ketika rumah sedang dibangun, biasanya rumah arwah ini ada untuk menjaga para kuli dan pekerja tetap aman dan dapat membangun rumah dengan selamat. Kemudian, ketika konstruksinya telah selesai, rumah arwah baru yang lebih bagus akan segera dibuat untuk memberi kemudahan bagi Pemiliknya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,