Kuil China-Budha ini memiliki nama asli Wat Leng Noei Yee pada tahun 1872, dan diubah namanya oleh Raja Rama V menjadi Wat Mangkon Kamalawat, yang memiliki arti Kuil teratai naga. Berlokasi di Chinatown, kuil ini menjadi pusat peribadatan warga Budha sekitar, dan termasuk kuil terbesar yang ada di Bangkok. Oleh sebab itu, kuil ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi-lokasi besar festival, misalnya perayaan tahun baru China. Sehingga, kuil ini akan selalu ramai pada bulan Januari, saat Tahun Baru China (Imlek), dan festival vegetarian.

Berangkat dari Charoenkrung Road dan berjalan selama 5 menit, maka pengunjung akan menemukan halaman luas kuil Budha yang berisi banyak patung-patung. Tidak jauh dari situ, terdapat sebuah bangunan berasitektur khas China.Berbagai macam motif ukiran terukir di pahatan luar seluruh bagian kuil. Atapnya didekorasi dengan ukiran berbentuk binatang dan tanaman. Sesuai dengan namanya, tentu saja, ukiran yang tampak lebih besar adalah ukiran berbentuk naga yang terletak di atap bangunan, dan terlihat menonjolkan kesan bangunan China dari luar.

Begitu masuk, pengunjung akan disambut oleh Chatulokkaban, yaitu patung penjaga dunia yang berpakaian layaknya prajurit. Di dalamnya, terdapat berbagai macam patung Budha berbagai postur, misalnya pose mengajar atau mengganda (biasa disebut warga lokal dengan abhaya mudra). Budha-budha ini diletakkan di altar, di depannya banyak orang yang memanjatkan doa sambil memegang dupa.

Di belakang kuil, terdapat tiga buah paviliun.  Paviliun pertama dibangun sebagai bentuk persembahan kepada dewi Guan Yin.  Sedangkan paviliun kedua, dipersembahkan untuk pendiri kuil ini, yaitu Phra Archan Chin Wang Samathiwat. Sementara paviliun ketiga, didirikan untuk Lak Chao, yaitu ahli Budha. Tidak jauh dari situ, terdapat stupa tempat membakar uang kertas nenek moyang.

Jam Buka: 9:00 – 18:00 setiap hari
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi: Charoenkrung Road, Chinatown
Cara pergi ke tempat ini: Menggunakan Chao Phraya Express Boat ke dermaga Ratchawongse (N5), kemudian berjalan menuju Ratchawongse Road selama sekitar 15 menit.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,