Terletak di dekat Mandarin Oriental Hotel, Haroon Mosque, menjadi masjid kedua yang secara resmi terdaftar di Undang-Undang Kerajaan tentang Masjid Islam tahun 1947.Padahal, 200 tahun yang lalu masjid ini dibangun oleh Musa Bafadel, seorang pedagang Indonesia-Arab, di tepian sungai Chao Phraya, namun akhirnya dikelola oleh Sang Anak, Haroon Bafadel, setelah Sang Ayah meninggal. Nama awal masjid ini adalah Masjid Ton Samrong, kemudian diubah namanya sesuai dengan nama anak Sang Pendiri. Tahun 1899, pemerintah melihat lokasi masjid ini sangat sesuai untuk dijadikan Rumah Kerajaan, sehingga Raja Rama V memberikan tawaran untuk memindahkan Haroon Mosque ke lahan yang lebih dalam, namun dengan tetap memberikan akses ke dermaga.

Perjalanan menuju masjid tidak terlalu jauh dari Hotel mandarin Oriental. Jika berjalan menuju sebuah gang kecil selama 5 menit, maka pengunjung akan dengan mudah menemukan masjid ini. Namun, letaknya memang membuat pengunjung harus melewati gang-gang kecil yang bisa dikatakan agak kumuh karena banyak orang-orang golongan ekonomi kelas bawah, duduk di teras rumah yang kebanyakan agak kotor.

Awalnya, interior dan eksterior masjid ini didominasi oleh kayu. Namun, setelah mengalami pembangunan ulang, akhirnya diubah menjadi beton berwarna merah bata. Pembangunannya membutuhkan bantuan dana warga muslim lokal. Ukuran masjidnya tidak terlalu besar, namun cukup terlihat dari arah sungai. Kubah-kubahnya kental dengan warna hijau, dan dari luarnya terdapat tulisan dengan bahasa Thailand tertulis di pintu masuk masjid ini.

DI dalamnya, terdapat berbagai ukiran kayu jepara bertuliskan huruf arab. Karena dibuat oleh keturunan Indonesia-Arab, maka masjid ini kental dengan dekorasi Jawa dan Thailand, khususnya mengadopsi tipe bangunan dengan seni Ayutthaya. Banyak sekali bisa ditemukan ukiran dan pahatan tangan disini, tentu saja bertuliskan beberapa ayat dari Al-Qur’an. Masjid ini, dapat menampung hingga kapasitas 500 orang.

Jam Buka : setiap hari
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi: Charoenkrung 36 (near Mandarin Oriental Hotel)
Cara pergi ke tempat ini: menggunakan Chao Phraya Express Boat ke dermaga Oriental. Masjid ini berlokasi 5 menit berjalan kaki dari Mandarin Oriental.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,