Courtesy of bangkokpicture.com

 

Dibangun tahun 1932, Kuil Guru Tawan Sikh merupakan kuil terbesar kedua diluar India dari jenisnya. Kuil ini dibangun bagi para penganut kepercayaan Sikh, yaitu kepercayaan yang diajarkan oleh Sri Guru Granth Sahib. Disini  merupakan penganut Sikh terbesar yang ada di seluruh penjuru Thailand. Pembangunan kuil ini memakan cukup biaya karena bangunannya megah dan berlantai enam.

Berlokasi di Pahurat, tepatnya di ujung Chinatown, tinggal sekelompok komunitas Sikh, berikut dibangunnya kuil ini sebagai pusat peribadatan warga India di sekitarnya dan merupakan bangunan yang sangat pnting bagi mereka. Didominasi dengan tembok berwarna putih, kuil ini memiliki kubah besar di bangian atapnya. Ketika masuk, pengunjung wajib melepaskan sepatu dan menutupi kepala dan sebagian anggota tubuh dengan baju berwarna oranye.

Kuil yang biasa disebut dengan “Little India” ini, memiliki enam lantai. Di lantai ke-empat, terdapat aula jemaat tempat biasa mereka berkumpul dan melakukan kebaktian. Di lantai kelima, terdapat sekolah internasional bagi anak-anak komunitas Sikh yang ingin mengenyam pendidikan. Kemudian, lantai ke-enam digunakan sebagai tempat mereka berdoa. Selain itu, disini terdapat pula ruangan arsip dan aula baca yang menyimpan kitab suci kepercayaan Sikh. Sehingga, lokasi paling tinggi di bangunan ini dijadikan sebagai lokasi utama dari seluruh bangunan kuil Guru Tawan Sikh.

Interiornya pun dibuat dengan indah. Di lantai teratas, yang menjadi daya tarik utama adalah kubah berlapis emas. Altarnya pun dipenuhi dengan bunga-bunga berbagai warna dan jenis. Selain itu, dengan mengadopsi gaya moderen, kuil yang didominasi dinding berwarna putih ini, berlantaikan keramik pualam. Ruangan pun dipenuhi dengan beberapa lampu yang menjuntai ke bawah untuk menambah suasana tenteram namun tetap moderen. Kuil yang buka setiap hari pada jam kerja ini, dibuka pula untuk umum, namun harus tetap menjaga kesopanan ketika memasuki tempat ibadah.

Jam Buka: 10:00 – 18:00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi: 66 Charoenkrung Road, Little India, Pahurat
Cara pergi ke tempat ini: Menggunakan Chao Phraya River Boat ke Dermaga Memorial Bridge (N6), kemudian berjalan menuju Chakraphet Road.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,