Semenjak tahun 1782, Sanam Luang telah ada di Bangkok dan menjadi taman yang penuh sejarah. Hingga pemerintahan Raja Rama III, taman ini telah menjadi tempat kremasi bagi Para Raja berikut anggota-anggota kerajaan. Bahkan, pada saat pemerintahan Raja Rama II, taman ini juga sering digunakan sebagai lokasi diadakannya festival-festival kerajaan. Namun, setelah pemerintahan Raja Rama III berakhir, akhirnya upacara kremasi kerajaan sering dilakukan diluar tempat ini. Namun, tradisi untuk membuat tempat ini menjadi lokasi wajib festival kerajaan hingga saat ini masih dilestarikan.

Berlokasi di Pulau Rattanakosin, tepatnya di Phra Nakhon District, taman ini merupakan tempat yang tepat untuk berpiknik bersama keluarga, sambil merasakan sensasi memberi makan sekumpulan burung dara .  Seperti taman-taman lainnya, aktivitas pengunjung yaitu berolahraga, mulai dari jogging di lintasan yang telah disediakan, bersepeda, hingga senam. Ada yang  unik disini, biasanya pengunjung akan datang di booth peramal yang ada di Sanam Luang untuk mengetahui nasib mereka.

Karena lokasinya yang sangat strategis, yaitu dikelilingi oleh Grand Palace, National Museum, dan Kementerian Pertahanan Negara, maka Sanam Luang menjadi pusat festival besar Thailand. Setiap tahunnya kini, acara besar yang selalu digelar disini adalah Festival Layang-Layang, dimana akan terdapat banyak sekali layang-layang dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran, beterbangan di angakasa dan juri akan memilih layang-layang siapa yang layak menjadi pemenang.

Pada bulan mei, disini biasanya dilakukan Festival Membajak Sawah yang diadakan oleh pihak kerajaan. Tidak hanya petani, namun seluruh masyarakat biasanya ikut berkumpul disini. Festival ini menandakan dimulainya masa bercocok tanam yang baru, karena disini lembu kerajaan dikeluarkan dan mulai membajak sawah, menandakan masyarakat harus mulai menyalakan api semangat di musim tanam yang baru.

Ketika akhir tahun tiba, masyarakat akan merayakan Ulang Tahun Raja pada setiap tanggal 5 Desember dan Hri Konstitusi setiap tanggal 10 Desember. Seluruhnya, diadakan di lokasi ini. Tahun baru yang menjadi agenda spesial pula bagi warga Bangkok selalu  dirayakan disini setiap tahunnya. Sebagai taman kerajaan, pemilihan Presiden setiap 4 tahun sekali bahkan diadakan pula di Sanam Luang.

Jam Buka : 05.00 – 21.00 setiap hari
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi: Rattanakosin Island (dekat Khao San Road dan the Grand Palace)
Cara pergi ke tempat ini : Lebih baik menggunakan taksi atau menggunakan Chao Phraya Express Boat ke Dermaga Maharaj or Chang.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,