Berlokasi di Don Muang Bangkok, Royal Thai Air Force Museum memamerkan berbagai kendaraan udara antik hingga masa kini. Banyak pesawat-pesawat disini yang berperan dalam sejarah Thailand. Bahkan, museum ini merupakan satu-satunya lokasi tempat Hawk 3 fighters yang dulu sempat berkecimpung dalam perang Cina.

Bangunan museum terdiri atas 5 bangunan. Di bangunan pertama, pengunjung bisa mengkaji segala hal tentang penerbangan dan sejarahnya. Disini pula tempat berbagai jenis pesawat buatan Thailand dan desain Thailand  dikoleksi. Misalnya, pesawat Bomber Type 2 (Braibatra), DAE, RTAF 5, Trainer Tipe 7, 8, 10, hingga pesawat Liaison dan berbagai tipe pesawat attacker. Bangunan kedua merupakan tempat berbagai jenis pesawat langka yang bukan berasal dari Thailand. Sebagai contoh, pesawat Corsair Vought V-93S yang dipamerkan disini adalah pesawat jenis Corsair terakhir yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Ada pula pesawat jenis fighter dan bomber.

Menuju ke Bangunan ketiga, pengunjung bisa melihat berbagai pesawat yang digunakan sebelum masa anti-komunisme. Yang menjadi sorot disini adalah Rockwell OV-10C Bronco dan Cessna A-37B Dragonfly. Berbagai macam koleksi museum lain, seperti perlengkapan pesawat dan aktivitas-aktivitas awak pesawat diabadikan dengan jelas dalam bangunan ke-empat. Disini, terdapat berbagai macam benda-benda seperti lencana kapten pesawat, miniatur-miniatur landasan udara, patung-patung awak pesawat, koleksi perlengkapan suku cadang kecil pesawat hingga berbagai alat berat pesawat. Beberapa barang diantara perlengkapan-perlengkapan tersebut adalah alat penurun tekanan udara dan simulator khusus pesawat terbang. Tidak hanya itu, di bangunan kelima, pengunjung bisa melihat berbagai macam helikopter. Mulai dari Supermarine, Dragonfly, hingga Sikorsky dan masih banyak lagi.

Bosan dengan aktivitas dalam ruangan, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi museum yang dipajang di area luar, di dekat taman-taman. Beberapa contohnya adalah pesawat Boripat, Chipmunk, C-123B, Beachcraft, dan lain-lain. Sisa-sisa bekas Pelatih Jepang Tachigawa juga bisa dilihat disini. Tidak hanya mengabadikan pesawat-pesawat langka, namun museum ini juga memiliki koleksi pesawat jet yang terbilang cukup moderen seperti Boeing P12-Es, Nierports, dan Breguets. Pihak pengelola juga menyediakan restoran Thailand untuk pengunjung singgah dan bersantap menu-menu lezat asli Thailand. Jika ingin membawa pesawat-pesawat ini ke rumah sebagai kenang-kenangan, museum ini juga menyediakan toko souvenir yang menjual berbagai miniatur pesawat, kaos, jam tangan, hingga buku-buku tentang penerbangan.

 

Jam Buka: Setiap Hari 08:00 – 16:00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi: Phanon Yothin Road, tepat di belakang Don Mueang Airport
Tel: +66 (0)2 534 1764, (0)2 534 1853, (0)2 534 2113
Cara pergi ke tempat ini: Lebih baik menggunakan taksi atau bus biasa dengan nomor 34, 39, 114, 356


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,