Sungai yang sangat terkenal di Bangkok maupun Thailand ini, mampu menggambarkan keseluruhan kehidupan Bangkok. Di tepiannya, terlihat bangunan-bangunan moderen ala Eropa abad ke-19, namun di sisi lain terdapat sampan kayu tempat orang berjualan makanan-makanan keil bagi Para Pekerja sungai.

Raja Taksin melihat potensi sungai ini sebagai lokasi yang subur dan memiliki banyak sumber daya perairan. Sehingga pada saat setelah jatuhnya Ayutthaya ke tangan tentara Burma, Raja itu menempatkan ibu kota di sebelah pesisir barat sungai ini, yaitu lokasi yang dikenal dengan ‘Thonburi’.

Kemudian Raja Rama I, pada tahun 1782, juga melihat wilayah ini penuh kemakmuran, akhirnya membangun Bangkok moderen seperti sekarang ini, dan tentu saja berpusat di sekitar Sungai Chao Phraya. Hingga kini, sedikitnya 50.000 orang menggunakan fasilitas ferry setiap harinya disini. Dijuluki ‘Raja Sungai’, Chao Phraya telah berhasil menjadi kekayaan sejarah.

Banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi melalui sungai ini. Diantaranya adalah Grand Palace, Wat Pho, Jembatan Raja Rama VIII, dan lain sebagainya.

 

Kapal dan Ferry

Chao Phraya Express sebagai perusahaan resmi pengelola transportasi air di sungai ini, telah mengoperasikan 5 jenis kapal publik. Masing-masing diklasifikasikan dengan warna, yaitu biru, oranye, kuning, merah, dan hijau. Warna ini bisa dilihat di bendera yang ada di bagian buritan kapal. Pada saat jam kerja, kapal-kapal ini berhenti di 34 dermaga. Hanya kapal dengan bendera oranye yang beroperasi terus menerus dengan harga sekitar 15 baht per penumpang. Sedang kapal dengan bendera lain beroperasi hanya pada pukul 06.00 kemudian dilanjutkan pada pukul 16.00 saja.

Kapal Ferry beroperasi sepanjang hari dan berhenti di hampir semua dermaga. Biaya yang dikeluarkan penumpang hanya 3,5 baht saja untuk dapat menaiki kapal ini. Kapal publik seperti ini berjalan sekitar 15 hingga 20 menit sekali.

Untuk turis, ada kapal lain yang disediakan. Kapal ini berjalan setiap 30 menit sekali. Menumpangi kapal ini, akan memberikan pengalaman yang berbeda dan mengasyikkan. Tidak hanya itu, untuk turis juga disediakan kapal pesiar dengan kapal berekor panjang, lengkap dengan makan malamnya, untuk kesan yang berharga berkunjung ke Bangkok.

 

 

klik dibawah ini untuk mengetahui info lengkap pemberhentian Dermaga Sungai Chao Phraya


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,