Berjalan-jalan ke Khao Phra Thaeo National Park, sebaiknya Anda mengunjungi Pusat Rehabilitasi Gibbon. Hewan langka sejenis kera ini, akan membuat Anda terhibur karena tingkah lakunya. Hingga umur 5 tahun, Gibbon akan terlihat lucu dan menggemaskan, namun jika usianya melebihi 5 tahun, maka gigi tajam akan mulai tumbuh dan sifatnya akan menjadi jauh lebih agresif.

Oleh karena itulah, Gibbon dulunya sering diburu oleh manusia. Hal itu tentu saja, membuat hewan yang banyak ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara ini, jumlah populasinya berkurang drastis.

Atas dasar sifat kemanusiaan orang-orang Eropa sebagai inisiator pembangunan proyek rehabilitasi ini di Phuket. Maka, kini sedikit banyak nyawa Gibbon bisa terselamatkan. Para orang Eropa itu menjalankan proyeknya, membersihkan kandang, memberi makan Gibbon-Gibbon, hingga mengajari mereka untuk dapat bertahan di alam liar. Tentu saja, melepaskan Gibbon ke alam liar tidak semudah yang dibayangkan. Hal itu akan membutuhkan banyak waktu, karena kebanyakan Gibbon disini dirawat sejak mereka masih bayi sehingga tidak biasa hidup di alam yang yang kejam.

Pusat rehabilitasi yang terletak di depan air terjun Bang Pae ini, menyambut turis yang datang setiap hari. Sebenarnya biaya masuknya gratis, namun jika Anda termasuk orang yang berjiwa sosial, silahkan memberikan donasi ke yayasan pendiri rehabilitasi ini sebagai bentuk kepedulian Anda kepada Gibbon.

 

Jam Buka : 10.00 – 16.00
Biaya masuk : Gratis, namun sebaiknya Anda memberikan donasi.
Lokasi : Pa Khlock, Talang, Phuket 83110, Thailand
Telp : +66 76 260 491 -2
Cara pergi ke tempat ini : ambil Route 4027 timur dari Heroines’ Monument dengan jarak sekitar 7 km. Pintu masuknya terletak di sebelah kiri.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,