Courtesy of www.bangkokpost.com

Dibangun pada tahun 1768 oleh Raja Taksin, istana ini menjadi tanda terbentuknya ibukota baru, yaitu Thonburi. Sebelumnya, Raja Taksin adalah seorang Gubernur Propinsi, dan diangkat menjadi raja ketika berhasil merebut Ayutthaya dari tangan tentara Birma. Oleh sebab itu, karena beliau memustuskan untuk memindahkan ibukota dari Ayutthaya ke Thonburi, maka perlu dibangun sebuah istana megah di lokasi yang baru.

Istana yang berlokasi di sebelah barat sungai Chao Phraya ini sempat digunakan sebagai tempat tinggal para kenalan dan bangsawan ketika Raja Rama I naik tahta, menggantikan raja Taksin yang dihukum mati. Bahkan, istana yang biasa disebut Thonburi Palace ini juga pernah ditinggali oleh beberapa anggota Dinasti Chakri sebelum diberikan kepada Angkatan Laut Kerajaan Thailand oleh Raja Rama V.

Courtesy of bangkokforvisitors.com

Di dalam istana yang memiliki sentuhan kemewahan tradisional ini, terdapat aula tahta yang terdiri atas paviliun terbuka yang biasa digunakan oleh Raja untuk menerima tamu. Tidak hanya istana utama yang besar dan megah, di sekitarnya juga terdapat sebuah kediaman berukuran kecil bergaya China yang menyimpan koleksi senjata raja. Sementara di lokasi kediaman lain yang berukuran lebih besar, disebut juga dengan bangunan Sino Thai, pengunjung bisa melihat koleksi barang-barang antik peninggalan raja-raja terdahulu. Dengan halaman yang sangat luas, pengunjung bisa berkunjung pula ke Kuil Raja Taksin dan Kuil Kepala Paus dimana di dalamnya terdapat tulang paus yang ditemukan saat istana ini direnovasi.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengunjungi kediaman Raja Pinklao. Rumah kerajaan pertama yang mengadopsi gaya arsitektur Amerika ini, difungsikan juga sebagai perpustakaan referensi khusus periode Thonburi, berisi koin antik Thailand, keramin-keramik antik, dan gambaran sepak terjang Raja Pinklao. Selain itu, disini pengunjung juga  bisa melihat-lihat benteng Wichaiprasit yang dulu pernah digunakan untuk melindungi pelabuhan penting Bangkok.

 

 

Jam Buka : dibuka untuk kelompok wisatawan yang berjumlah sedikitnya 5 orang dan telah membuat perjanjian dengan pengelola yayasan Istana Wangderm.
Lokasi : Arun Amarin Road, Thonburi, Bangkok 10600
Telp : 0-2475-4117
Cara pergi ke tempat ini : Menggunakan bus #19 dan #57 yang melewati Angkatan Laut Kerajaan Thailand


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,