Diatas tanah seluas 160.00 meter persegi, berdiri Istana Phyathai megah yang dibangun oleh Raja Rama V sebagai tempat kediaman raja. Di dalamnya, terdiri atas beberapa aula seperti aula tahta, aula Thewarat Sapharom dan aula Devaraja Sabharamaya, tempat raja biasa melakukan aktivitas pada masanya.

Courtesy of panoramio.com

Istana yang memiliki langit-langit indah dan sebagian berlapis emas ini, dijadikan tempat tinggal oleh Raja Rama V hingga kematiannya. Istana ini didirikan tahun 1909, saat negara sedang mengalami masa transisi antara pemerintahan monarki menjadi pemerintahan kota, hingga pemerintahan parlementer. Oleh sebab itu, dahulu di lokasi sekiat Istana Phyathai dibangun layaknya kota, dimana terdapat perumahan penduduk, gedung dewan perwakilan, hingga tanah pertanian.

Ketika Raja Rama V meninggal dan digantikan oleh Raja Rama VI, tempat ini akhirnya dihancurkan, menyisakan aula Devaraja Sabharamaya dan aula tahta. Kemudian, raja itu memerintahkan untuk membangun beberapa aula baru yang disatukan untuk menjadi Istana Phyathai baru yang megah dan mewah.

Saat ini, istana yang memiliki latar belakang sejarah cukup banyak ini, telah berubah fungsi menjadi hotel mewah dan rumah sakit.  Namun, arsitektur gedung yang mempesona dan taman yang sangat indah  tetap dapat dinikmati oleh pengunjung. Tidak hanya itu, di lokasi aula dimana dulu biasa diselenggarakan pesta Istana, kini terdapat atmospheric café dan Café Norasingh. Oleh karena warisan budayanya, Istana Phyathai tergolong dalam Gedung Bersejarah Nasional Thailand.

Biaya Masuk : Gratis
Jam Buka : 09.30 – 13.30 (Guide hanya tersedia hari Sabtu. Selain hari itu pengunjung bebas berjalan-jalan)
Lokasi : 315 Thanon Ratchawithi Ratchawithi Road (di dalam Phramongkutklao Hospital)
Telp : 02 354 7732
BTS : Victory Monument


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,