Sebelumnya tempat ini tidak begitu banyak yang tahu, sebuah rumah yang diberi nama sesuai dengan nama pendirinya “Jim Thompson House” dengan gaya arsitektur yang elegan dan dipekarangan rumahnya terdapat taman yang indah menghadap langsung ke kanal bernama Saen Saeb. Di dalam kompleks ini ada 6 bangungan tradisional Thailand bahan bangunannya menggunakan bahan jati asli Thailand. Arsitektur bangunan disini benar-benar memberikan unsur unik perpaduan gaya barat dan timur.

Seorang arsitek dengan pelatihan dan kolektor seni objets d’Asia, matanya yang tajam Thompson dan bakat untuk desain meniupkan kehidupan ke dalam segala sesuatu yang disentuhnya. Setelah pulang nya dari dinas militer pada 1946, Thompson memutuskan untuk menetap di Thailand, di mana ia mempersembahkan lebih dari 30 tahun untuk menghidupkan kembali industri lokal (rumahan) kain sutra Thailand dan lalu memperkenalkannya ke rumah-rumah mode yang paling terkenal di dunia fashion dan catwalk di Paris, New York, London, dan Milan.

Hal yang sama berlaku untuk rumah Thailand miliknya, sebuah kompleks vila yang terbuat dari kayu jati, penuh dengan koleksi barang antik yang unik, saat ini sudah berubah menjadi sebuah museum yang benar-benar menggambarkan cita rasa desain yang benar-benar unik dari diri sang pemilik, Jim Thompson . Suatu hari pada tahun 1967, sementara pada puncak kesuksesannya, ia secara misterius menghilang ke dalam hutan Malaysia, dan dengan demikian mulailah warisan dari Jim Thompson …

Perpaduan Gaya Barat dan Timur

Dibalik bayangan pohon-pohon yang mengitari kompleks ini, berdirilah bangunan yang desain artitekturnya mengambil gaya rumah tradisional Thailand tapi uniknya bagian dalam bangunan ini desain interiornya lebih kental dengan gaya barat dan juga dipadukan dengan gaya timur untuk beberapa detailnya. Lihat saja perpaduan lantai marmer asal Italia, lampu gantung dari Belgia, furnitur, jendela dan pintu kayu yang diukir secara unik dan ada 2 dinding yang memamerkan patung Budha dari abad ke-17.

Koleksi Barang Antik dan Seni yang Unik

Pada bagian atas di bangunan utama, Anda akan menemukan banyak dekorasi yang tergantung di dinding. Pajangan ini “diselamatkan” oleh Thompson dari berbagai Kuil Budha. Seperti salah satu seri koleksi lukisan-lukisan kuno yang menceritakan tentang perjalan hidup Sang Budha pada jaman dahulu, mengenai kehidupannya sehari-hari dan juga perjalanan hidup spiritualnya untuk mencari kesempurnaan. Dari sini, lanjutkan ke kanan dan Anda bisa menemukan sebuah patung Buddha yang terbuat dari batu pasir yang dicitrakan sedang menjaga pintu masuk ke dapur Thailand, yang sekarang rumah koleksi indah Thompson ware porselen Benjarong.

Ruang makan vila Thompson bergaya abad 19 ini terbuat dari kayu jati asli yang dibeli langsung dari Ayutthaya. Di meja makan, dibuat dari dua tabel mahjong Cina, satu set porselen biru-putih ditata dalam posisi aslinya seperti seolah-olah makan malam sudah siap untuk dihidangkan, dengan Thompson duduk di bagian kepala meja, dengan posisi memunggungi ke jendela.

Cafe Jim Thompson

Setelah Thompson menghilang secara misterius, pihak pengelola yang ditunjuk, yang lalu 10 tahun kemudian The James H.W. Thompson Foundation, mengambil alih menejemen kompleks vila dan aset-asetnya, merk Jim Thompson lalu diperlebar menjadi art centre, souvenir boutique, restaurant dan café, serta fasilitas perjamuan yang terletak di area ini. Dengan teras terbuka menghadap ke kanal, area Araya yang elegan bisa digunakan untuk melayani pertemuan antara 40 hingga 80 orang, bisa digunakan untuk pertemuan perusahaan, peragaan busana, pesta pernikahan, konferensi pers, makan siang atau makan malam pribadi.

Jam Buka: 09:00-17:00 (last guided tour at 17:00)
Lokasi: Soi Kasemsan 2, opposite the National Stadium on Rama I Road.
BTS: National Stadium
Alamat: 6/1 Soi Kasemsan 2, Rama 1 Road
Tel: +66 (0)2 216 7368
Cara ke tempat ini: Ambil exit 1 dari the BTS National Stadium Station, belok ke kiri ke arah Soi Kasemsan 2 dan lanjutkan berjalan kaki hingga ke ujung jalan. Museum ini ada di sebelah kanan Anda.

 


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,