Wat Phra Kaew atau Kuil Emerald Buddha (secara resmi dikenal sebagai Wat Phra Sri Rattana Satsadaram) dianggap sebagai candi Budha yang paling penting di Thailand. Terletak di pusat bersejarah di Bangkok, di lingkungan Grand Palace, untuk mengabadikan Phra Kaew Morakot (Emerald Buddha), gambar Sang Buddha yang sangat dihormati diukir dengan sangat teliti dari sebongkah batu giok yang masih utuh. Emerald Buddha (Phra Putta Maha Mani Ratana Patimakorn) adalah citra Buddha dalam posisi meditasi dengan gaya sekolah Lanna dari utara, yang berasal dari abad ke-15.

Diletakan di sebuah platform yang tinggi, tidak ada seorangpun yang diizinkan untuk mendekati Buddha kecuali Sang Maha Raja. Sebuah jubah musiman, diganti tiga kali setahun sesuai dengan musim dingin, musim panas, dan musim hujan untuk membalut sang patung. Sebuah ritual yang sangat penting, pergantian jubah dilakukan hanya oleh Raja untuk membawa nasib baik untuk negara selama setiap musim. Candi ini dihiasi dengan indah dan memiliki rasa damai tentang hal itu.

Pembangunan candi ini dimulai ketika Raja Buddha Yodfa Chulaloke (Rama I) memindahkan ibukota dari Thonburi ke Bangkok pada tahun 1785. Tidak seperti candi-candi lainnya, menyediakan atau memiliki tempat tinggal bagi para bhikkhu, melainkan hanya dihiasi bangunan suci, patung, dan pagoda. Bangunan utama adalah pusat ‘ubosot’ (aula pentahbisan), yang merupakan tempat Emerald Buddha. Meskipun ukurannya kecil, itu adalah ikon yang paling penting bagi rakyat Thailand.

Atraksi lainnya di Wat Phra Kaew termasuk model Angkor Wat, yang dibangun atas perintah King Rama IV ketika Cambodia masih berada di bawah kendali Siam. Model ini kemudian diciptakan kembali di plester di atas perintah Raja Rama V untuk merayakan hari seabad dari Kota Kerajaan. Juga, jangan lewatkan juga Balkon, yang tidak kalah indah dan menariknya dengan dinding candi. Mural dalam menceritakan kisah Ramayana secara keseluruhan. Pada kolom balkon adalah batu prasasti dari ayat-ayat yang menggambarkan mural. Setiap gerbang balkon yang dijaga oleh patung raksasa yang lima meter tingginya ‘Yaksa Tavarnbal’ (Raksasa Penjaga Gerbang), karakter yang diambil dari epik yang sama.

Informasi Penting:

Para pemandu wisata akan bertugas antara 10:00-14:00 dan  Personal Audio Guide (PAG) tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Mandarin Rusia, dan Spanyol. Ingat bahwa ‘wats’ (kuil) adalah tempat suci dan Anda harus berpakaian pantas. Tidak ada celana pendek, sandal, sandal, atau puncak mengungkapkan, jika tidak Anda tidak akan diizinkan masuk. Ada juga fasilitas yang menawarkan penyewaan celana panjang yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di belakang kuil ini terdapat Kuil Wat Pho, Kuil terbesar di Thailand yang memiliki patung Budha tidur.

Lokasi: Na Phralan, Phra Nakorn (inside Grand Palace complex), Old City (Rattanakosin)
Jam Buka: 08:30 – 12:00 dan 13:00 – 15:30
Tiket masuk ke candi: 125 baht.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,