suratthani-01Surat Thani, provinsi terluas di Thailand Selatan ini berlokasi 685 km dari Bangkok. Surat Thani berarti “Kota Orang-orang Baik”. Mantan ibukota dari kerajaan Srivijaya, provinsi ini meliputi hampir 12,891 km persegi. Batas provinsi adalah Semenanjung Thailand di Utara dan Timur, provinsi Chumphon di Utara, provinsi Nakhon Si Thammarat dan Krabi ke Selatan, provinsi Phang-Nga dan Ranong ke bagian Barat dan provinsi Nakhon Si Thammarat ke bagian Timur.

suratthani-02Dataran tinggi dan gunung berhutan adalah lokasi bagian Barat provinsi ini, sementara ada cekungan rendah di bagian pusat dan sepanjang semenanjung bagian Timur. Topografi ini menciptakan 14 sungai basin termasuk Tapee, Pum Duang, Tha Thong, Tha Krajai, Chaiya, Tha Chang yang adalah ceruk yang paling penting. Semua sungai di Surat Thani mengalir ke Timur provinsi kearah semenanjung Thailand.

suratthani-03Banyaknya pulau sepanjang semenanjung membuat Surat Thani (sering disingkat Surat saja) menjadi tempat mengasingkan diri yang sempurna untuk pelancong dari seluruh dunia. Tujuan ideal untuk banyak orang adalah Ko Samui, seukuran Penang, yang merupakan pulau ketiga terbesar Thailand dan tetangganya Ko Pha-ngan dirayakan sebagai pulau yang menjadi tuan rumah dari pesta bulan purnama terbesar. Di Utara Ko Pha Ngan adalah Ko Tao, yang dikenal karena batu karang koral yang sempurna. suratthani-04Yang paling top dari semuanya adalah Taman Nasional Laut Ang Thong, dimana kepulauan yang tenang menanti untuk menyambut turis dengan pohon kelapanya yang cantik, air sejernih kristaldan batu karang penuh warna. Waktu terbaik untuk menikmati satu dari sekian pulau ini secara penuh adalah di bulan April hingga November.


Sejarah Surat Thani

suratthani-05Surat Thani adalah kota dengan sejarah panjang. Arkeolog percaya bahwa ada suku masyarakat prasejarah dari orang asli termasuk Saemang dan orang asli Melayu yang membangun komunitas mereka di Tapee River Basin dan Ao Ban Don. Belakangan, orang India bermigrasi ke area tersebut dan secara bertahap menyebarkan budaya mereka, sebagai bukti terjadi penemuan reruntuhan masyarakat kuno di Tha Chana dan sub distrik Chaiya.

suratthani-06Pada abad 13, kota ini menjadi pecah, dan sejumlah sejarawan mengklaim, satu pusat kejayaan kerajaan Srivijaya yang mendominasi seluruh Peninsula Melayu dan kebanyakan pulau Jawa. Itu adalah periode dimana Budha Mahayana mencapai pengaruh tertingginya. Kejayaan kerajaan masih dapat dirasakan di banyak area di distrik Chaiya.
Ketika kerajaan mencapai dasarnya, itu dibagi kedalam 3 kota utama yang dinamai Chaiya, Tha Thong dan Khiri Rat. Mereka ada dibawah yurisdiksi dari Nakhon Si Thammarat hingga King Rama IV memutuskan untuk memindahkan Tha Thong City ke Ban Do dan memerlukan laporan langsung ke administrasi Bangkok. suratthani-07Nama Ban Do dulu, berubah menjadi Kanchanadit. Bertepatan dengan penetapan Monthon, seorang mantan unit adminitrasi, bahwa semua tiga kota digabung menjadi satu yang bernama Chaiya. Pada tahun 1915, King Rama VI mengganti nama Chaiya menjadi Surat Thani.

Materai symbol Surat Thani mengatakan banyak hal tentang sejarahnya. Menggambarkan pagoda Phra Boromathat Chaiya, materai ini bukti pengaruh Budha Mahayana atas Surat Thani. suratthani-08Phra Boromathat Chaiya adalah tempat paling direkomendasikan dan tempat sejarah penting di provinsi. Dipercaya bahwa pagoda ini menyimpan pernik Budha.

Saat ini Surat Thani menjadi daerah komersial yang penting dan penghubung pelayaran untuk karet dan perdagangan kelapa.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,